Rabu, 12 Juni 2013

Jerami Sebagai Pakan Kambing

Mungkin terdengar aneh ketika kita mendengar kambing di beri pakan jerami, pada umumnya jerami padi banyak diberikan pada sapi. Pada dasarnya ternak kambing memiliki saluran pencernaan yang sama dengan sapi keduanya sama sama ternak ruminansia (lihat Mengapa Sapi Tidak Makan Sate??!). Kesulitan memerikan jerami pada ternak kambing karena jerami memiliki kandungan serat kasar yang cukup tinggi, sehingga kambing cenderung memilih pakan yang mempunyai kandungan serat kasar lebih rendah dan berkualitas baik.
Kesulitan tersebut hanyalah masalah kebiasaan saja, dimana kambing tidak terbiasa dengan jerami padi sebagai makanan utama. Untuk dapat membiasakan kambing makan jerami dapat dilakukan dengan cara sederhana. Pada awalnya  ternak kambing harus dipuasakan terlebih dahulu dari makanan lain selama seminggu, artinya kambing hanya diberi pakan jerami saja dan tentunya air minum tidak boleh kurang.  Pada saat pemberian jerami dapat diperciki air garam atau dengan penambahan molases, selain menambah nutrusi bagi ternak molase juga memiliki aroma yang disukai ternak. Setelah kambing mulai terbiasa dengan jerami padi baru ditambah dengan pakan lain yang memiliki kualitas lebih baik agar kebutuhan nutrisinya tercukupi. Seperti kita ketahui bahwa kualitas jerami sebagai pakan ternak rendah sehingga jika ternak hanya diberi pakan jerami padi saja kebutuhan nutrisinya tidak akan terpenuhi.
Walaupun kualitas jerami sebagai pakan rendah akan tetapi ketersediaannya cukup banyak sehingga dapat dijadikan pakan alternatif yang murah untuk ternak ruminansia seperti kambing dan sapi. Rendahnya kualitas jerami dapat kita tingkatkan baik dengan amoniasi maupun fermentasi, sehingga jerami lebih mudah dicerna oleh ternak.
Pembiasaan pemberian pakan seperti diatas tidak hanya untuk jerami padi, akan tetapi dapat juga untuk membiasakan ternak dengan bahan pakan lain.
Selamat Mencoba.....

Tidak ada komentar:

Cara Mudah Mendeteksi Sapi Bunting

Usaha peternakan sapi di Indonesia didominasi oleh usaha skala rumah tangga dimana kepemilikan ternak hanya 2 sampai lima ekor. Pada kondis...